Minggu, 22 Desember 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » Jenis Jenis Katup dan Fungsinya

Jenis Jenis Katup dan Fungsinya

Jenis-Jenis Katup dan Fungsinya - Secara umum katup merupakan suatu komponen sistem yang cara kerjanya membuka dan menutup saluran penggunaan katup sering dijumpai pada komponen alat salah satunya adalah pada kompresor, pada kendaraan roda empat maupun roda dua dan masih banyak lagi yang lainnya. pada setiap sistem permesinan maupun sistem pneumatik katup berperan penting, karena tanpa katup suatu sistem tidak akan bekerja dengan baik maka  katup harus didesain dengan sangat rinci. untuk lebih jelasnya mengenai pengertian katup dan fungsinya adalah sebagai berikut:


Katup (Valve) adalah suatu alat yang menerima perintah dari luar untuk melepas, menghentikan atau mengarahkan fluida yang melalui katup tersebut. misalnya: katup 4/3 penggerak lever, katup pengarah dengan piring putar, katup dengan pegas biasa. adapun macam-macam katu adalah sebagai berikut:
1. Katup Pengarah (Directional Control Valve)
Macam-macam katup pengarah:
A. Check Valve adalah katup satu arah, berfungsi sebagai arah aliran dan juga sebagai pressure control  (pengontrol tekanan)

B. Pilot Operated Check Valve, Katup ini dirancang untuk aliran cairan hidraulik yang dapat mengalir bebas  pada satu arah dan menutup pada arah lawannya, kecuali ada tekanan cairan yang dapat membukanya.

C. katup Pengatur Tekanan, Tekanan cairan hidraulik diatur untuk berbagai tujuan misalnya untuk membatasi tekanan operasional dalam sistem hidraulik, untuk mengatur tekanan agar penggerak hidraulik dapat bekerja secara berurutan, untuk mengurangi tekanan yang mengalir dalam saluran tertentu menjadi kecil.

2. Katup Pengatur Tekanan
Macam-macam katup pengatur tekanan adalah:
A. Relief Valve, digunakan untuk mengatur tekanan yang bekerja pada sistem dan juga mencegah terjadinya beban lebih atau tekanan yang melebihi kemampuan rangkaian hidraulik.

B. Sequence Valve, berfungsi untuk mengatur tekanan untuk mengurutkan pekerjaan yaitu menggerakan silinder hidraulik yang satu kemudian hidraulik yang lain.

C. Pressure reducing valve, berfungsi untuk menurunkan tekanan fluida yang mengalir pada saluran kerja karena penggerak yang akan menerimanya didesain dengan tekanan yang lebih rendah.

D. Flow Control Valve, katup ini digunakan untuk mengatur volume aliran yang berarti mengatur kecepatan gerak aktuator (piston). Fungsi flow control yaitu: apabila pengaturan aliran tidak dapat berubah-ubah yaitu melalui fixed orifice. Variable flow control yaitu apabila pengaturan aliran dapat berubah-ubah sesuai dengan keperluan.
Flow control yang dilengkapi dengan check valve. Flow control yang dilengkapi dengan relief valve guna menyeimbangkan tekanan.

Demikianlah ulasan mengenai Jenis-Jenis Katup dan Fungsinya semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan akan terus di uptodate sesuai dengan kemajuan teknologi, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar