Kamis, 20 Februari 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » » » 3 Kebiasaan Sederhana Yang Akan Membuat Anda Lebih Cerdas

3 Kebiasaan Sederhana Yang Akan Membuat Anda Lebih Cerdas


Ada banyak kebiasaan yang kita anggap wajar namun justru kurang sehat untuk meningkatkan kekuatan otak. Kebiasaan yang sederhana sering kita tinggalkan akan tetapi justru sangat baik untuk kecerdasan otak. Meskipun kesuksesan tidak hanya dipengaruhi oleh IQ (  intelligence quotient) tapi juga dibantu oleh EQ ( Emotional Intelligence ), namun kebiasaan yang salah akan mempengaruhi keduanya. Well, yang perlu dirubah hanyalah dengan cukup menambahkan kebiasaan - kebiasaan sehat berikut ini :

1. Tidur yang cukup
Tidur sangat penting bagi seluruh tubuh. Tidur yang baik adalah suatu keharusan untuk otak yang sehat untuk mendapatkan pikiran yang kreatif. Beberapa studi menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan sel-sel otak mati. Kurang tidur adalah musuh nomor satu bagi otak. Jika  ingin otak Anda untuk menjadi kuat,miliki kebiasaan tidur malam yang baik. Para ahli telah menemukan bahwa tidur selama 7 jam akan memberikan kesehatan yang optimal, sedangkan jumlah jam tidur yang lebih atau kurang dari 7 jam bisa menimbulkan risiko tersendiri bagi seseorang.  Jika seseorang kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan mengurangi toleransi terhadap glukosa, kedua kondisi ini yang meningkatkan risiko kerusakan arteri. Sedangkan bagi orang yang terlalu banyak tidur ada kemungkinan mengalami gangguan pernapasan, sehingga meningkatkan risiko tersebut

2. Makan makanan Otak
Diet sehat yang baik, tidak berarti bahwa Anda mendapatkan nutrisi untuk otak Anda. Anda mungkin memiliki, bentuk badan yang sangat kuat baik, kadar kolesterol yang rendah, namun otak Anda  bisa saja masih kelaparan. Cobalah untuk menghindari lemak jenuh dan makanan berkalori tinggi. makanan tersebut kurang sehat  bagi otak dan menurunkan fungsi otak dengan baik. Konsumsi Makanan yang mengandung Omega-3, seperti : 

Telur
Telur ayam adalah bahan makanan yang bisa Anda temui di mana saja. Konsumsi telur dapat memenuhi asupan nutrisi lemak omega-3 Anda. Kuning telur memiliki lemak sehat. Dari sebutir telur, Anda bisa memperoleh sekira 40-250 miligram asam lemak DHA dan EPA.

Kenari
Kacang kenari adalah salah satu bahan makanan nabati dengan kandungan 2.600 miligram lemak sehat yang cukup untuk menutrisi tubuh Anda.

Salmon
Ikan salmon yang terkenal tinggi kandungan EPA dan DHA-nya, dapat memberikan sekira 1.600 miligram asam lemak omega-3 yang baik bagi pertumbuhan otak anak Anda.

Tuna
Ikan tuna memang saat ini diperbincangkan akibat munculnya merkuri di dalamnya. Namun, jika kita dapat memilih yang masih segar dan tidak mengonsumsi secara berlebihan, ada sekira 1.100 miligram asam lemak yang dapat diserap tubuh Anda

3. Cobalah untuk belajar hal-hal baru 
Belajar hal-hal baru akan membuat anda lebih pintar dan lebih cerdas, tidak hanya itu meningkatkan pengetahuan, tetapi juga meningkatkan kekuatan mental anda. Ini mungkin terdengar membingungkan, tapi itulah cara kerjanya. Lebih banyak anda belajar, maka fungsi otak semakin terlatih lebih baik. Belajar tidak hanya membaca buku, tapi dengan cara lain yaitu mencari informasi dari membaca artikel atau juga bisa pergi ke luar dan bereksplorasi (melakukan penjelajahan atau pencarian)karena Eksplorasi adalah cara yang baik untuk belajar ( source: http://gegeblog.com/3-simple-habits-that-will-make-you-much-smarter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar